Profil UPT Puskesmas Bagendit



       A.      Sejarah Singkat UPT Puskesmas Bagendit Kecamatan Banyuresmi
UPT Puskesmas Bagendit Kecamatan Banyuresmi didirikan pada tahun 1981. Pada  awalnya memiliki wilayah kerja sebanyak 8 desa binaan. Setelah terjadi perubahan sekitar tahun 2000 dimana pustu sukaraja menjadi Puskesmas induk maka wilayah kerja UPT Puskesmas Bagendit Kecamatan Banyuresmi menjadi 7 desa. Namun dalam kenyataannya dikarenakan ikatan instansi meskipun tidak lagi menjadi desa binaan, masyarakatnya masih lebih memilih Puskesmas Bagendit sebagai Fasilitas Kesehatan tujuan.
Pada tanggal 4 Desember 2012 mendapat Fasilitas PONED dari Bantuan Gubernur Jawa Barat yang telah diresmikan PONED oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan, sehingga bertambah pula tujuan dan tanggung jawab Puskesmas Bagendit. Tetapi hal terserbut merupakan tantangan yang harus dijawab.

B. Data Geografi
Di wilayah kerja administrative Kecamatan Banyuresmi mempunyai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) sejumlah tiga Puskesmas yaitu UPT Puskesmas Bagendit, UPT Puskesmas Sukasenang dan UPT Puskesmas Sukaraja. 
UPT Puskesmas Bagendit adalah salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang berada dalam wilayah kerja administrative Kecamatan Banyuresmi yang terletak di sebelah utara Kabupaten Garut Jl. K.H. Hasan Arif No. 10, Desa Banyuresmi, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut. dengan luas wilayah + 2397,083 Ha; terdiri dari 7 Desa yaitu Desa Banyuresmi, Desa Bagendit, Desa Binakarya, Desa Karyasari, Desa Karyamukti, Desa Dangdeur, dan Desa Cimareme; dengan batas- batas wilayah sebagai berikut :
Ø  Sebelah Utara           : Kecamatan Leuwigoong; Kecamatan Cibatu 
Ø  Sebelah Selatan        : Desa Cipicung Kecamatan Banyuresmi;  Kecamatan Wanaraja 
Ø  Sebelah Barat           : Desa Sukamukti Kecamatan Banyuresmi;  Kecamatan Pangatikan 
Ø  Sebelah Timur          : Kecamatan Leuwigoong
Gambar.II.1
Peta Wilayah Kerja Puskesmas Bagendit
 


UPT Puskesmas Tahun 2015


UPT Puskesmas Bagendit Tahun 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN TAHUNAN PROGRAM GIZI MASYARAKAT UPT PUSKESMAS BAGENDIT TAHUN 2016